Powered By Blogger

Monday 28 December 2015

MACAM-MACAM JENIS TIMBANGAN / TYPES OF SCALE

1. TIMBANGAN SAKU 
    POCKET SCALE 

Dinamakan timbangan saku karena ukuran timbangan ini kecil dan bisa di masukan ke saku. Umumnya timbangan ini ketelitiannya 0,01g. Kalau kapasitasnya 100 g sampai 500 g.

Named pocket scales because of the small size of these scales and can be input into the pocket. Generally this scales accuracy is 0.01 g. If the capacity of 100 g to 500 g.




2. TIMBANGAN  PORTABLE 
    PORTABLE SCALE 

Timbangan ini enak di bawa-bawa dan di pindah-pindah jadi mungkin yang ini timbangannya di sebut portable. Kapasitas dan ketelitiannya ada ber macam-macam. Sepertinya paling besar maksimal kapasitasnya 30 kg.

These scales carry good in and moved around so that the scales may be called portable. Capacity and no air thoroughness sorts. It seems that the greatest maximum capacity of 30 kg.





3. TIMBANGAN RETAIL  
     PRICE COMPUTING SCALE 

Sebenarnya memang untuk nama dari timbangan ini untuk bahasa Inggrisnya Price Computing Scale akan tetapi untuk di umum banyak yang menyebut Timbangan Buah dan untuk kalangan orang yang jual timbangan ada yang menyebut timbangan retail. Dinamakan Price Computing Scale karena memang timbangan ini dilengkapi dengan penghitung langsung dari timbangan tersebut. Timbangan ini dilengkapi 6 display, 3 untuk menhadap depan dan 3 kebelakang. Fungsi didepan untuk penjual dan kebelakang untuk pembeli. 3 display tersebut berfungsi antara lain untuk menunjuk berat, harga per kilogramnya dan untuk total perkalian harga dan berat.

Timbangan ini juga di lengkapi dengan fungsi penyimpanan ( memori ) harga. Jumlah memori penyimpanan harga tersebut biasanya sesuai dengan harga timbangan tersebut. Semakin mahal maka memori penyimpanan semakin banyak

Actually it is for the name of this scale for Price Computing Scale English but in general for many who call Scales Fruit and selling to the people who some are calling the scales retail scales. Price Computing Scale Named because it is equipped with counter weights directly from the scales. These scales come with 6 display, 3 front and 3 to menhadap backward. Function backward in front of the seller and to the buyer. 3 The display serves among other things to appoint the weight, price per kilogram and for the multiplication of the total price and weight. 

These scales are also equipped with a storage function (memory) prices. The amount of memory storage is typically priced according to the price of the scales. The more expensive then the more memory storage





4. TIMBANGAN RETAIL DENGAN PRINTER / 
   PRICE COMPUTING SCALE WITH PRINTER

Timbangan Retail ini sudah dilengkapi dengan Printer untuk mencetak hasil penimbangan. Print out atau hasil cetak dari timbangan ini memuat banyak item antara lain : Nama Toko, Nama Barang yang ditimbang, harga dan total harga, tanggal dan jam penimbangan serta biasanya barcode.
Kalau jenis timbangan ini bisa dipastikan mempunyai memori yang berlimpah dan banyak fasilitas.

Retail Scales is equipped with a printer for printing weighing results. Print out or prints of these scales contain many items, among others: Store Name, Product Name weighed, price and total price, date and time, and usually weighing barcode. 
If certain types of these scales have abundant memory and lots of amenities.






5. TIMBANGAN PENGHITUNG  
    COUNTING SCALE

Dinamakan Counting karena timbangan ini bisa menghitung sesuatu barang yang di timbang. Ketentuannya barang yang akan di timbang mempunyai berat yang sama. Semisal coin, kancing, mur dan lain-lain.

Named Counting scales because it can count on goods weigh something. Provisions of goods which would have weighed the same weight. Such coin, studs, nuts and others.






6. TIMBANGAN GANTUNG 
    CRANE SCALE

Sesuai dengan namanya timbangan gantung, pemakaian timbangan ini juga dengan menggantung media yang akan di timbang. Seiring dengan kemajuan teknologi maka sekarang timbangan gantung ada yang di lengkapi dengan remote control.

As the name implies hanging scales, these scales also with the use of media that will hang in weigh. Along with advances in technology it is now hanging scales exist that is equipped with a remote control.



7. TIMBANGAN LANTAI  

    FLOOR SCALE 

Dinamakan timbangan lantai karena pada aplikasi pemakaiannya timbangan ini sering diletakkan rata dengan lantai. Timbangan dimasukan kedalam lantai yang sudah di beri lubang sebesar ukuran timbangan tersebut. Setelah timbangan dimasukan maka timbangan dan lantainya menjadi rata. Timbangan ini biasa berkapasitas besar minimal 500 kg sampai 10.000 kg.

Named as the application scales floor scales its use is often placed flat on the floor. Scales inserted into floor holes that have been given for the size of the scales. Once inserted the scales and floor scales becomes flat. These scales usual large capacity of at least 500 kg to 10,000 kg.

 

 

 8. TIMBANGAN DUDUK ( BENCH SCALE )

Jenis timbangan ini paling Populer karena memang paling banyak di pakai. Harganya tidak terlalu mahal malah selisih sedikit dengan timbangan manual sehingga pemakai timbangan manual bisa cepat beralih ke timbangan tersebut.Kapasitas timbangan ini mulai 30kg sampai 500 kg. 

Of the scales is the most popular because it is the most widely in use. The price is not too expensive even with the slight difference that the user manual scales scales can quickly switch to manual scales tersebut.Kapasitas these scales ranging 30kg to 500 kg.

 

9. TIMBANGAN EMAS

Timbangan ini sering dipakai oleh pedagang emas jadinya sering di sebut timbangan emas. Ketelitian biasanya 0,01g. Ada juga yang pakai 0,1g tapi itu terlalu kasar buat timbang emas.

 

10. TIMBANGAN SEMI ANALITYCAL DAN ANALTYCAL

Semi analitikal punya ketelitian 0,001 g dan analitikal 0,0001 g. Timbangan ini pasti memakai wind shield diatasnya karena untuk menahan angin. Kalau di ruang terbuka menimbang tanpa wind shield angka hasil penimbangan pasti akan berubah-ubah. Timbangan ini harganya relatif lumayan mahal.

Semi analytical accuracy has 0,001 g and 0.0001 g analytical. These scales definitely wear on it due to the wind shield against the wind. If in open space with no wind shield figures weigh weighing results will certainly vary. These scales are relatively quite expensive.

 




11. TIMBANGAN PENGUKUR KADAR AIR
      MOISTURE BALANCE 


Alat ini berguna untuk mengukur kadar air dari benda tertentu. Cara pemakaiannya yaitu dengan memasukan benda tersebut sekalian di timbang. Benda tersebut nantinya akan di panasi sesuai dengan suhu yang kita kehendaki. Setelah dipanasi dalam waktu tertentu maka akan benda tersebut berubah beratnya. Penghitung berat sebelum dipanasi dengan setelah dipanasi akan ditemukan kadar air benda tersebut.

This tool is useful for measuring the moisture content of a particular object. How to use the object that is to include all weighed. The item will be in accordance with the heat the temperature we want. After heated in a certain time then the object will change its weight. The counter weight before after heated with heated water content will be found the object.
 


12. TIMBANGAN KAMBING 
      GOAT SCALES

Jarang memang dipakai oleh yang punya kambing akan tetapi sekarang mulai dilirik untuk dipakai menimbang kambing.

Rarely is used by the goat but has now started receiving weigh to wear goat






      CATTLE SCALES

Timbangan sapi ada yang sederhana dan ada yang memakai kerangkeng atau kandang semua tergantung dari aplikasinya di lapangan.  

Cattle scales there are simple and there is a cage or enclosure wear it all depends on the application in the field.







14. TIMBANGAN PENGANTONGAN  
      BAGGING SCALE

Mesin pengantongan ini di lengkapi timbangan yang bisa menggerakan gate-gate supaya menutup dan membuka. Pada saat target pengantongan sudah sesuai maka gate pengisian akan berhenti dengan sendirinya. Mesin pengantongan ini kalau yang lengkap dilengkapi conveyor dan mesin jahit.

Bagging machine is equipped scales that can move the gate-gate that closes and opens. By the time the target was appropriate bagging the gate charging will stop by itself. The bagging machine that comes complete conveyor and machine sewing.





15. TIMBANGAN TRUCK / JEMBATAN TIMBANG
      TRUCK SCALE / WEIGHT BRIDGE


Timbangan truck ini ada juga yang menyebut jembatan timbang. Sekarang seperti sudah menjadi kebutuhan untuk perusahaan yang trafic keluar masuk barang dengan truck agak tinggi. Dengan memakai timbangan truck ini pekerjaan akan lebih mudah dari pada menimbang sedikit demi sedikit isi trucknya.

his truck scales there is also a mention weighbridge. Now as has become a necessity for companies that traffic in and out of goods by truck rather high. By using this truck scales will work easier than weighing the contents trucknya piecemeal.